Friday, May 19, 2017

[os171] Ulasan 1 Tiga Masalah Utama pada Memori Fisik

PENDAULUAN
Video : "Virtual Memory: Three Problems memory"
Pengunggah : David Black-Schaffer 
Durasi : 7:26
Tanggal Publikasi : 14 July 2014
Jumlah Pemirsa : 50.162

RINGKASAN
Pada ulasan pertama ini saya mengulas video dari David Black-Schaffer dengan judul . Video ini merupakan salah satu rangkaian dari playlist yang membahas tentang virtual memory, saya akan membahas lebih spesifik mengenai masalah apa saja yang timbul pada memori fisik dan kenapa memori virtual sangat dibutuhkan. 
Permasalahan pertama, bagaimana jika sebuah program tidak mempunyai cukup memori untuk berjalan ?. Pada arsitektur MIPS 32 bit, setiap program yang berjalan memiliki address space sebesar 32 bit. Dengan address space sebesar 32 bit maka besar memori yang dapat di akses adalah 2 pangkat 32 yaitu sebesar 4GB, dikurangi alokasi memori untuk OS menjadi sebesar 2 GB. Namun bagaimana jika memori yang terpasang pada komputer hanya 1 GB. Disini terdapat perbedaan sebesar 3 GB antara program dengan memori fisik, untuk itulah memori virtual dibutuhkan untuk mengisi kekurangan pada memori fisik. Permasalahan kedua, lubang kosong pada address space. Misal ada tempat sebesar 8 gb pada memori. Ketika suatu program dengan ukuran 1 gb berjalan maka program akan memesan tempat di memori sebesar 1 gb. Program kedua dengan ukuran 6 GB akan memesan tempat sisanya di memori. Jika program pertama meninggalkan tempatnya, maka akan terjadi kekosongan memori sebesar 2 GB. Namun program ketiga tidak dapat berjalan karena letak tempat kosong pertama dan kedua tidak pada satu tempat. Permasalahan ketiga, bagiamana jika ada dua program yang mengakses lokasi di memori yang sama. Tentu akan terjadi benturan di memori dan akan terjadi crash. Diakhir video David memberikan ulasan bagaimana kita menanggulangi masalah diatas.

PENDAPAT
Video ini menggambarkan secara jelas mengapa komputer membutuhkan virtual memory. Permasalahan yang terjadi dan bagaimana solusi yang harus dilakukan. Namun pada saat ini pada tahun 2017 virtual memory kurang tepat untuk di implementasikan. Karena sudah banyak sekali produsen yang menjual memori komputer dengan harga yang lebih terjangkau dibanding dengan dua atau empat tahun yang lalu.

Github Account: akhdakhz03
URL ulasan di blog: http://akhdakhairul.blogspot.co.id/2017/05/os171-ulasan-1-tiga-masalah-utama-pada.html
URL konten youtube:  https://www.youtube.com/watch?v=eSPFB-xF5iM
Pemetaan konten pada materi:  week05 (Memory)
Tanggal Submisi Revisi Pertama: 20 Mei 2017
Tanggal Submisi Revisi Terakhir: 20 Mei 2017

No comments:

Post a Comment